28 Mei 2009

ACW-Jalan damai


Di tengah kesejukan dan keindahan alam lereng gunung Merbabu, di kompleks Pondok Remaja Salib Putih, Salatiga, tanggal 26-29 Mei 2009 dilangsungkan Konsultasi Ekumenis Nasional Jalan Damai: Respon Umat Kristen Indonesia terhadap A Common Word (ACW). Sejumlah sekitar 40 peserta dari berbagai kalangan Kristen Indonesia termasuk Katolik: pimpinan gereja, teolog, aktivis pelayanan sosial membahas naskah yang merupakan surat terbuka dari ratusan pemuka umat Islam kepada pimpinan gereja-gereja sedunia. (Lihat naskahnya dalam http://www.acommonword.com).

Konsultasi diselenggarakan bersama oleh Institut Pendidikan Teologi Belewijata (Malang), Interfidei (Jogyakarta), Madia (Jakarta), Oase Intim (Makassar) dan Percik (Salatiga). Tujuan yang hendak dicapai konsultasi ini dirumuskan dalam acuannya:

• (1) Berbagi pandangan terhadap wacana yang diajukan para tokoh Muslim dalam ACW, serta bagaimana kemungkinan-kemungkinannya memperkuat dasar dan motivasi pengembangan hubungan-hubungan baik antara umat Kristen dan umat Islam di Indonesia, yang telah dijalankan selama ini.
• (2) Membahas pokok-pokok gagasan dalam surat itu untuk mengidentifikasi mana yang dapat dipakai bersama, baik dalam hubungan ekumenis antar gereja-gereja, maupun dalam hubungan dialog dengan umat Islam.
Jalan Damai
• (3) merumuskan tanggapan terhadap surat dari para tokoh Muslim ini.
• (4) membahas dan menetapkan suatu konsultasi lintas iman nasional, yang dirancang dan diselenggarakan bersama dengan kawan-kawan Muslim, dan bahkan dengan penganut agama-agama lain.
• (5) efek spin-off konsultasi ini dalam pelayanan pribadi dan lembaga masing-masing peserta.

Tidak ada komentar: