17 Agustus 2009

Undangan Diskusi 500 Tahun Calvin

Kepada Yth.
Bapak/Ibu/Sdr. …………………………………..
di Makassar.


Salam dalam Yesus Kristus, Tuhan.

Dalam rangka peringatan 500 Tahun Yohanes Calvin (lahir tanggal 10 Juli 1409 di Noyon, Perancis), kami dari Yayasan Oase Intim dan Yayasan Pelayanan Reformed Makassar, menyelenggarakan suatu diskusi mengenai relevansi Calvinisme dalam kehidupan pelayanan gereja dan masyarakat dewasa ini.

Dengan hormat dan sukacita kami mengundang Bapak/Ibu/Sdr para pendeta dan pemuka jemaat-jemaat di kota Makassar dan sekitarnya untuk bersedia berbagi pengalaman dan bertukar gagasan dalam diskusi tersebut di atas.

Sebagaimana dalam acuan terlampir, acara kami rencanakan pada,

Hari/Tanggal : Senin, 24 Agustus 2009
Tempat : Aula Hotel Valentino (Lantai 6)
Jl Dr. Sutomo 35 tlp 314272 Makassar
Jam : 08.30 – 13.00 (makan siang)

Untuk pengaturan kegiatan, mohon konfirmasi kehadiran anda selambat-lambatnya tgl 20 Agustus 2009 melalui Sdri. Christin (HP 081342284900 atau Tlp 433978).Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu/Sdr meluangkan waktu untuk kegiatan ini. Tuhan memberkati.

Teriring salam,
Yayasan Oase Intim, Yayasan Pelayanan Reformed Makassar,



Pdt. Zakaria Ngelow Pdt. Libert Simatupang, M.Th.


Acuan Diskusi Calvinisme
Peringatan 500 Tahun Yohanes Calvin

Pembaruan Gereja pada abad ke-16 di Eropa menampilkan sejumlah tokoh pembaru (reformator), di antaranya Martin Luther (1483-1546 ) di Jerman dan Yohanes Calvin (1509-1564) di Swiss, yang melahirkan gereja-gereja Protestan. Berbeda dengan Martin Luther -- yang namanya diabadikan dalam penyebutan “gereja-gereja Lutheran” untuk gereja-gereja yang terbentuk dari pembaruannya -- tidak ada gereja Calvinis untuk para pengikut Yohanes Calvin. Gereja Calvinis di Eropa umumnya dikenal dengan nama gereja Reform dan di negara-negara berbahasa Inggeris sebagai gereja Presbiterian dan Kongregasional. Gereja-gereja Reform sedunia menyatu dalam dua badan ekumenis, the World Alliance of Reformed Churches (WARC) dan the Reformed Ecumenical Council (REC) yang akan menyatu menjadi the Worl Council of Reformed Churches (WCRC) tahun depan.

Kecuali beberapa gereja Protestan yang berlatar Lutheran (terutama di kalangan masyarakat Batak dan Nias), gereja-gereja Protestan di Indonesia umumnya berlatar tradisi Calvinisme -- ada yang menamakan diri Gereja Kristen, Gereja Masehi Injili, Gereja Protestan, dst.

Siapa Calvin dan apa pokok-pokok pembaruannya pada masa Reformasi? Bagaimana ajarannya diteruskan menjadi tradisi Calvinisme? Bagaimana pergumulan dan pengembangan Calvinisme oleh gereja-gereja Reform dalam gerakan ekumene dewasa ini? Apa relevansi warisan Calvinisme dalam panggilan dan pergumulan gereja-gereja di Indonesia dewasa ini?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini diharapkan memberi pencerahan, inspirasi dan membuka wawasan bagi para pelayan dan pemimpin gereja. Pertanyaan-pertanyaan ini akan dibahas dalam acara Peringatan 500 Tahun Yohanes Calvin yang diselenggarakan oleh Yayasan Oase Intim dan Yayasan Pelayanan Reformed Makassar.

Peserta

Peserta diskusi diundang dari kalangan pendeta dan pemuka Kristen di Makassar dan sekitarnya, kl. 100 orang.

Nara Sumber

Pembahasan akan dilaksanakan dengan pendampingan para nara sumber:
Pdt. Dr. Ery Hutabarat-Lebang,Direktur Insitut Teologi Gereja Toraja dan tokoh ekumenis Indonesia yang kini al. menjadi salah seorang anggota eksekutif WARC, akan mengantar percakapan mengenai perkembangan dan komitmen ekumenis tradisi Calvinisme dewasa ini dalam berbagai bidang, seperti ketidakadilan ekonomi, kekerasan dan kerusakan lingkungan.
Pdt. Dr. Zakaria Ngelow, anggota Komisi Penasihat Proyek Misi WARC, akan mengantar diskusi mengenai relevansi warisan Calvin/isme dalam gereja-gereja dan masyarakat di Indonesia, termasuk di bidang (teologia) politik.

Jadwal Pelaksanaan

Diskusi dalam rangka Peringatan 500 Tahun Yohanes Calvin akan dilangsungkan pada,

Hari/Tanggal : Senin, 24 Agustus 2009
Tempat : Aula Hotel Valentino
Jl Dr. Sutomo 35 tlp 314272 Makassar
Jam : 08.30 - 13.00



Acara dijadwalkan sbb:

No Jam Kegiatan
1 08.30 - 09.00 Registrasi, snack
2 09.00 - 09.30 Ibadah/Pembukaan
3 09.30 - 13.00 Diskusi Panel
4 13.00 - selesai Penutupan/Makan siang bersama


Pelaksana:

Ketua : Pdt. Armin Sukri, M.Th.
Sekretaris : Christine Hutubessy
Bendahara : Ny. Fietje Pelupessy
Anggota : Pdt. Libert Simatupang, M.Th
Anggota : Pdt. Zakaria Ngelow




Makassar, Agustus 2009

Tidak ada komentar: